Manfaat Jahe Sebagai Teman di Segala Musim

11/18/2019 02:54:00 pm Mini GK 23 Comments

Seperti janji sebelumnya, November datang kembali. Tak lupa ia membawa dua kawan karibnya hujan dan angin. November dan hujan pertama  tahun ini  telah hadir memeluk malam.
Hujan pertama yang selama ini ditunggu akhirnya pecah. Aroma tanah menguar memenuhi udara bersama hadirnya hujan bulan November.

Seperti rasa, hujan juga punya cerita.

Sejak kembali menyandang status sebagai mahasiswa, malam-malam saya lebih riuh dari sebelumnya. Meja penuh dengan  makalah dan tugas kampus yang selalu menumpuk. Deadline tulisan sampai revisian kerjaan juga selalu minta perhatian lebih. Semuanya bergenit-genit manja minta disentuh duluan.

Sayangnya saya tidak bisa mengandalkan orang lain untuk menyelesaikan gunungan tanggung jawab tersebut. Itu artinya tenaga harus selalu dalam kondisi prima. Begitupun penyakit ngantukan harus lekas dihempaskan. Karena enggak lucu juga gagal deadline gara-gara ketiduran.
November ini kesibukan saya sedikit lebih meroket dibanding sebelumnya. Tidak jarang jadwal bertabrakan dan harus rela melepas satu demi yang sudah dipilih. Tidak jarang pula harus pulang larut dan kedinginan. Ya secara rumah saya di Gunungkidul, 30 kilo lebih dari kota Yogyakarta tempat biasa banyak saya habiskan untuk aktivitas di siang hari.

Ingin sambat tapi kok ya malah nambah capek. Mending dinikmati dan disyukuri saja masih bisa beraktivitas dengan gembira bahagia. 

Selain harus mengatur jadwal, tentu juga kudu siap menjaga mood dan stamina. Jangan sampai dong kesibukan jadi alasan untuk enggak hidup sehat. Harus sebaliknya, hidup sehat biar bisa terus aktivitas lancar. 

Meski seharian di luar, setiap malam saya menyempatkan diri untuk sekedar koreksi atau mempersiapkan tugas yang memang belum dikerjakan. *Hiks kadang saya ini juga kurang disiplin, plis jangan ditiru

Untuk menambah semarak malam, saya biasanya memaksa kucing untuk ikutan sibuk di dekat laptop. Ribut di awal, sebentar juga mereka sudah tidur. Lagi-lagi saya kesepian.
Untuk menemani malam yang sepi dan sedikit dingin, saya biasakan menghidupkan radio atau winamp. Bukan lagu-lagu yang saya putar tapi kebanyakan instrumen yang dipercaya bisa membuat rileks. Setelahnya saya  menyediakan secangkir hangat minuman jahe. Bisa susu jahe, teh jahe atau sari jahe.  

Musik sari jahe dan buku di waktu malam nan dingin adalah perpaduan syahdu yang sulit ditampik.

Kecintaan saya dengan jahe tidak perlu diragukan. Belum pada tahap kecanduan tapi selalu tidak bisa menolak jika tersedia.

Siapa sih yang bisa menolak godaan jahe? Rasanya saya belum pernah ketemu orang yang menolak dikasih minuman jahe. *Iya main saya kurang jauh

Lebih dari teman, jahe jugalah teman yang bermanfaat

Dari kulakan materi ke banyak situs bacaan, saya tahu kalau jahe punya banyak manfaat.

Selain menghangatkan badan, sari jahe juga baik untuk membantu pencernaan. Ini karena bahan-bahan yang terkandung dalam jahe berfungsi untuk menstimulus air liar dan meredakan gejala iritasi dalam usus dan lambung. Perut begah karena banyak angin juga bisa diatasi dengan konsumsi jahe. Oh iya, jahe juga bisa lho dicampur untuk bumbu masak.

Buat yang suka muntah atau mabuk kendaraan disarankan untuk berteman baik dengan jahe. Karena mengkonsumsi jahe dalam bentuk atau olahan apa pun bisa membantu meredakan mual. Begitu pun mual pada ibu hamil, ternyata jahe bisa sebagai alternatif menangkal mual di pagi hari.

Bagi perempuan dalam masa subur dan setiap bulan selalu kadatangan tamu (baca: menstruasi)  sangat disarankan untuk rajin konsumsi minuman sari jahe. Sifat jahe yang hangat serta kandungan zat di dalamnya terbukti ampuh mengurangi nyeri akibat datang bulan. Yang ini sih saya percaya, sudah membuktikan sendiri soalnya.

Tadinya saya tidak percaya kalau konsumsi minuman jahe bisa juga dipakai untuk menurunkan berat badan. Nyatanya memang bisa. 

Meski tidak berefek drastis buat tubuh saya, namun jahe bisa membawa pengaruh baik untuk berat badan. Untuk khasus ini memang harus telaten dan rajin. Kalau mogok-mogok  (baca: malas minun teratur) di jalan, ya berat badannya akan stabil atau malah meroket.

Saya sendiri suka jahe karena dia sangat alami, mudah di dapat dan tidak mahal.

Https://minigeka.com

Jahe, mau apa pun macam olahannya selalu mampu meluluhkan hati. Aromanya selalu bisa menenangkan, itu baru aroma, belum kalau sudah menyeruput dari bibir cangkir. Roti jahe juga satu dari sekian banyak cemilan favorit saya.
Sayang yang semacam ini kucing enggak doyan. Ehe.

Hampir semua penghuni rumah senang dengan minuman jahe. Jadi kalau sedang selo dan sangat niat, biasanya saya akan berkutat di dapur. Mulai dari mengupas sampai memasak wedang jahe campur serai. Itu kalau sedang rajin.

Kalau lagi malas tapi ingin menikmati kebaikan jahe maka cepat-cepat ambil satu sachet herbadrink sari jahe lalu campur dengan air panas, aduk sebentar dan jadikan teman  melepas letih. Praktis tanpa perlu ribet.

Mengolah jahe hingga bubuk jahe

Mengolah jahe juga tidak terlalu sulit (seperti yang sudah saya bilang di atas sebelumnya). Apalagi kalau jahe segar hasil ambil dari kebun sendiri. 

Halaman  rumah bapak  tempat saya tinggal banyak ditanami tanaman herbal, salah satunya jahe dan jahe merah. 

 Kalau mau beli jahe segar di pasar juga banyak.  Hanya memang akan sedikit repot ngupas dan lain sebagainya. Ada juga yang jual bubuk jahe. Atau sari jahe alami.

Saya jarang beli yang bentuk bubuk di pasar, soalnya kalau gak pintar milih nanti bisa malah bubuk itu sudah dikasih tambahan bahan lainnya misal gula. Sementara saya sendiri kurang bisa menikmati gula berlebih.
Kalau mau bubuk sari jahe, memang pas kalau beli yang kemasan pabrik. Saya beli yang merek herbadrink. Sari jahe tanpa gula, free sugar. Enak diseduh dengan air panas untuk teman malam atau pas lagi hujan. Atau kalau pas siang terik bisa dicampur es batu. 

Tapi kalau mau membuat bubuk jahe sendiri juga bisa. Gampang. Tinggal pilih jahe yang dimau, dikupas, dijemur lalu digiling. Tapi jangan lupa sebelumnya harus dicuci bersih dan dijaga kelembaban atau harus benar-benar kering biar tidak menggumpal.

Bisa deh jadi stok untuk teman galau di sore hari. Ya karena moment paling pas buat menikmati secagkir minuman jahe ya di sore bersama hujan.

Kalau bosen dibuat minuman, bisa juga kok sari jahe itu dibuat roti jahe. Bisa diolah dengan cara dikukus atau dipanggang. Semuanya saya suka. Bikinnya juga tidak banyak mengeluarkan tenaga, asal bubuk sari jahenya suda tersedia.

You Might Also Like

23 comments:

  1. Jahe mendadak jadi minuman favoritku nih, apalagi mulai masuk musim penghujan. Wah, kudu sedia jahe.

    ReplyDelete
  2. Aku suka yang kunyit asam, Kak! Seger juga siang2 diminum dingin hehe

    ReplyDelete
  3. Wiwin | pratiwanggini.net19 November 2019 at 15:04

    Aku suka minuman dari jahe, apapun itu.
    Badan jadi terasa hangat setelah minum minuman dari jahe.
    Bersyukur sekarang ada Herbadrink Sari Jahe yang praktis.
    Cocok buatku yang ga mau repot-repot :D

    ReplyDelete
  4. Berasa langsung hangatnya ketika diminum ketika musim hujan menjelang. Teman setia untuk menangkal masuk angin nih si jahe ini.

    ReplyDelete
  5. Toss sulu Miss Mini. Aku juga penggemar jahe, bisa menghangatkan badan dan bikin seger aja gitu. Apalagi dinikmati pas malam2 begadang ngejar DL. Cespleng pokoke. Ini Herbadrink kemasannya praktis bener ya, suka nyetok juga di rumah :D

    ReplyDelete
  6. Nah kalau yang rasa jahe, kakak cewek yang demen minumnya. Apalagi saat cuaca ga tentu gini

    ReplyDelete
  7. Waini, Herbadrink Sari Jahe, bisa dicoba nih apalagi aku emang suka jahe tappi nggak mau repot bikinnya hehe

    ReplyDelete
  8. aku sukaaakk bgt yg rasa jahe.
    suegerr bikin badan makin bugar

    ReplyDelete
  9. Weh, mbaaaaaaak kreatif e kepikiran buat bikin roti jahe pake produk ini hahahaha

    ReplyDelete
  10. Kreatifnya, malah ga kepikiran untuk dibikin kue jahe. Jadi ingat pas SMA, sewaktu ke rumah teman, disuguhi kue jahe sama ibuknya. Kalau saya wedang jahe biasanya saya tambahi jadi susu jahe.. Nikmat...

    ReplyDelete
  11. Hahaha.. Anak2ku ga suka jahe sih karena pedas. Tapi ntar kalau gede bisa jadi berubah selera karena tau khasiatnya, ya. Yuk, tante.. Main ke sini yang agak jauhan hihihi..

    ReplyDelete
  12. Cocok banget nih saat cuaca mulai memasuki musim hujan, apalagi dilengkapi dengan cemilan tradisional

    ReplyDelete
  13. Duhhh sari jahe doyannn bangett akutuu misss minum anget2 gt

    ReplyDelete
  14. Kadang aku suka bikin sendiri wedang jahe dan jahe nya selalu beli buat stok dirumah

    ReplyDelete
  15. Aku suka semuanya cookies jahe, wedang jahe

    Alhamdullilah banyak banget khasiatnya ya?

    ReplyDelete
  16. Kalau aku biasanya stok permen jahe saat perjalanan. & Minuman jahe saat sampai tujuan. 😊

    ReplyDelete
  17. Paling bener emang minum Herbadrink ini. Selain antiribet-ribet, komposisinya pun udah jelas-jelas tertera dengan quality control terstandardisasi. Cocok banget buat minum kapan aja tanpa harus geprek-geprek jahe. HIhihiiii

    ReplyDelete
  18. Jahe memang jadi obat herlbal segala keadaan nih apalagi saat sedang kurang fit. Bisa menghangatkan badan. Mengolah jahe jadi berbagai penganan pun menarik juga kyk jadi permen

    ReplyDelete
  19. Kreatif nih bikin cookies dari sari jahe herbadrink. Aku juga suka yang sari jahe sama temulawak, cocok diminum saat sedang riuh kerjaan malam hari. Kalo gak ditemeni jadi ngantuk, hahahaa

    ReplyDelete
  20. Biasanya kalau jahe memang bikin anget badan ya Miss. Apalagi pas musim huja. Seger banget rasanya ♥️

    ReplyDelete
  21. Aiih~
    Kok romantis banget kalimat pembukanya?
    Aku setuju yaa...kalo anak sekarang jangan dikit-dikit sambat. Karena kadang orang menilai sambatan kita itu adalah sebuah pameran yang justru kalau di komentarin negatif, malah bikin sakit hati.

    Jadi lebih baik minum Sari Jahe.
    Langsung basmi ke akar-akar masalah.

    Semangaat!

    ReplyDelete
  22. Minuman kesukaan disgala suasana nih Mba heheeh
    anget, menyegarkan dan bikin kangen lagi buat minumnya
    aku dulu tiap kali kecapeakn minum ini jadi buger

    ReplyDelete
  23. Aku tuh termasuk yang suka minum jahe di malam hari tapi biasanya masih rempong harus mengupas dan tumbuk jahe nya hingga dimuat minuman. Lah ini lebih praktis yah boleh juga nanti dicoba karena manfaat jahe nya memang banyak nih untuk kesehatan juga tapi kusuka karena segar dan anget di tenggorokan.

    ReplyDelete