kuliner

Nasi Tumpeng Bunga Telang

7/01/2020 08:35:00 pm Mini GK 13 Comments

Nasi tumpeng siapa sih yang enggak kenal?  Semua orang pasti kenal dengan nasi tumpeng, meski tidak semua orang bisa membuat atau pernah memakannya. Nasi tumpeng biasanya hadir saat ada perayaan. Sebut saja contohnya perayaan ulangtahun.
Nasi Tumpeng Bunga Telang

Nasi tumpeng yang kita kenal biasanya berwarna kuning dan bentuknya menyerupai kerucut. Kering tempe, abon, suwiran ayam dan telur adalah sedikit dari teman pelengkap nasi tumpeng. Kalau mau ditelusuri lebih jauh tentu hal-hal ini mempunyai makna filosofi tersendiri. Bahkan zaman dulu enggak sembarangan orang bisa membuat nasi tumpeng.

Saya, makan nasi tumpeng sering. Membuatnya baru-baru saja. Baru dalam tahap belajar. Nasi tumpeng warna kuning jadi favorit, setidaknya sampai akhir tahun lalu. Saya yang sejak kecil belum pernah merayakan ulangtahun dengan nasi tumpeng, tiba-tiba ingin. Rasanya ada kepuasan tersendiri bisa membuat nasi tumpeng yang layak makan.
Meski belum bagus banget tapi cukup puas saat masak nasi tumpeng bisa dinikmati oleh seluruh keluarga.
Berharap kapan-kapan bisa deh bagi-bagi ke banyak orang.
Nasi kuning

Buat nasi tumpeng tidak ribet kok. Setidaknya bagi saya yang hobi 'terpaksa' mengurangi takaran dan juga banyak bahan. Kalau mengikuti resep yang ada di Cookpad atau di situs-situs resep masak bakal kewalahan. Maka diakali aja dengan bahan yang mudah terjangkau dan cocok di lidah.
Ya karena enggak semua bahan masakan bisa berdamai dengan lidah saya.

Lengkuas, serai, salam, santan, kunyit, garam adalah bahan yang tidak bisa dipisahkan dari nasi tumpeng kuning. Berkali-kali saya buat dengan bahan-bahan sederhana ini dan hasilnya tidak mengecewakan.
Belakangan setelah ketemu bunga Telang saya mulai mencoba mengganti warna kuning ke biru. Ceritanya pas lagi main ke rumah teman dan dapat bunga ini cuma-cuma. Jadilah ide masak nasi tumpeng biru.
Bunga Telang

Bunga Telang bukan hal baru dalam khazanah kuliner ala Mini GK. Sudah terlalu sering saya berhadapan dengan bunga penghasil warna ungu ke biru ini. Omong-omong, warna bunga ini sempat jadi perdebatan beberapa teman: antara ungu dan biru.

Mengolah bunga Telang menjadi pewarna untuk nasi tumpeng tidaklah sulit. Masalahnya kemarin saya perdana masak sendiri dan sok-sokan tidak baca resep. Semua bahan termasuk bunga Telang asal cemplung cemplung saja ke wadah. Iya gak apa-apa sih, nasinya tetap jadi biru. Cuma birunya memang kurang nampol. Jadi curiga antara saya yang salah masukin bunga atau kurang banyak bunganya.

Setelah saya cek di resep, ternyata saya kebanyakan gaya. Harusnya bunganya diekstrak dulu dengan direndam dalam air panas untuk mendapat warna biru. Baru setelahnya itu air dipakai buat masak nasi. Walah, tiwas sudah terlanjur mateng.

Meski warnanya enggak terlalu nampol namun rasanya cukup untuk lidah saya.
Bapak yang seumur umur belum pernah ngerti apa itu nasi biru atau nasi bunga Telang, bertanya-tanya apakah itu nasi beli atau buat sendiri.
Saya ketawa. Saat masak tadi kebetulan bapak lagi pergi jadi enggak paham dan tahu-tahu sudah ada nasi tumpeng warna biru di meja.

Nasi biru bunga telang agaknya bisa jadi alternatif untuk yang kebetulan bosen dengan nasi kuning. Bisa juga untuk kreasi agar anak yang enggak doyan nasi bisa punya gambaran lain tentang nasi biru.

Buat yang ingin praktik mencoba masak nasi tumpeng, lekas eksekusi. Jangan takut salah. Yang penting Mateng enak dimakan. Percobaan pertama mungkin kurang memuaskan, namun dengan demikian jadi semangat untuk terus nyoba dan keterusan.

You Might Also Like

13 comments:

  1. Saya udah pernah coba olahan minuman dari bunga telang. Tapi kalo nasi tumpeng bunga telang belum pernah coba. Warnanya unik ya biru hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teh bunga Telang. Kalau dikasih perasan jeruk maka nanti berubah warna.

      Delete
  2. Kalau di Malaysia ini namanya nasi kerabu, Kak. Pakai bunga telang juga sebagai pewarna. Istriku juga pernah bikin karena di rumah kami punya stok banyak bunga ini. Sayangnya memang kurang biru karena kurang banyak kelopak yang direbus. Tapi secara rasa memang enak sih, pewarna alami bikin unik warnanya, ga melulu kuning pakai kunyit. Pakai bunga telang secara ga langsung ikut melestarikan alam ya karena pewarna ini alami dan pekarangan ikut jadi hijau.

    ReplyDelete
  3. saya juga suka nih bunga telang dibuat teh
    Punya setoples bunga telang , eh kelupaan
    Baunya menyengat (bukan bau busuk,malah sedap menurutku),sayang sewaktu diseduh warnanya kehitaman

    ReplyDelete
  4. Pernah nonton ini di salah satu seri reality show Korea yang pakai bunga talang buat nasi. Selain cantik katanya juga unik! Pengin cobain!

    ReplyDelete
  5. Kayaknya bunga telang ini lagi hapening ya..
    Banyak juga olahan minuman dari bunga ini..
    Ternyata juga bisa dijadikan bahan makanan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kenal sudah agak lama kak. Tapi iya emang lagi booming ini bunga. Entah gimana awalnya sekarang di mana mana hampir bisa ditemui

      Delete
  6. Ya ampun baru tahu kalo bunga itu bisa jadi perwarna. Padahal dirumah ada tanamannya. Nasi nya jadi menarik berwarna biru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat pewarna makanan dan minuman kakak. Khasiatnya juga banyak katanya. Sementara aku masih cenderung manfaatkan warnanya dulu. Ehe.

      Delete
  7. Kusuka nasi kuning. Ini makanan favoritku. Lihat nasi biru tuh pertama kali di Malaysia dan ternyata pakai bunga telang ini. Sejak itu penasaran sih pengen bikin juga.

    Tanteku buka katering puding juga warna birunya dari bunga telang ini. Aman dan banyak khasiatnya yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok rata rata pada bilang ketemu nasi biru pertama kali di Malaysia. Hehe, jadi ingin lihat gimana di sana mengolahnya

      Delete
  8. waini, aku belum pernah coba bikin nasi bunga Telang. Kalau minumannya sih udah.

    ReplyDelete
  9. Miss, kapan km ultah lagi & ngundang aku kerumahmu? aku siap habisin ini 😍👻

    ReplyDelete