Yogyakarta

Launching Blokir Online Polda DIY

8/21/2018 02:26:00 pm Mini GK 0 Comments


Launching Blokir Online Polda DIY

Bersama dengan teman-teman komunitas lain saya duduk di bawah tenda khusus yang sengaja dihadirkan oleh Polda DIY bagi tamu undangan yang telah memenuhi undangannya.
Meski saya duduk dengan ketenangan samudera, sejatinya saya masih bingung tidak jelas: acara apa ini dan apa yang harus saya lakukan?

Kehadiran bapak-bapak ibu-ibu mas-mas dan mbak-mbak berseragam coklat (seragam kepolisian/red) banyak mempengaruhi mental pula beberapa kali sempat membuat saya gagal fokus.

Saya baru mulai paham ketika acara akhirnya dibuka oleh MC (yang juga berseragam coklat alias beliau juga anggota kepolisian).

Jadi hari itu tepatnya tanggal 15 Agustus 2018 di halaman Polda DIY (yang disulap jadi ruang pertemuan) telah berlangsung acara launching Blokir Online.  Launching ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Bapak Kapolda DIY Brigjend Pol. Drs. Ahmad Dofiri, M. Si..
Blokir online sendiri merupakan sebuah sistem baru yang nantinya diharapkan mampu membantu polisi dan masyarakat.

Selain pejabat dan anggota kepolisian, acara ini juga dihadiri oleh beberapa rekanan kepolisian, kawan-kawan media juga para netizen/ komunitas online di area DIY.

Berkat Komunitas Blogger Jogja (KBJ) saya bisa ikut hadir pula menyaksikan acara peluncuran sistem Blokir Online ini.

TENTANG BLOKIR

Menurut peraturan Kapolri no.5 tahun 2012 tentang registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor, maka Blokir berarti tindakan kepolisian untuk memberikan tanda pada data Regident ranmor tertentu yang merupakan pembatasan sementara terhadap status kepemilikan ataupun operasional ranmor yang terkait dengan perkara pidana dan atau perdata.

TUJUAN BLOKIR ONLINE

1. Merupakan bentuk inovasi pelayanan Ditlantas Polda DIY kepada masyarakat
2. Sebagai bentuk kerja efisien dengan cara memangkas alur mekanisme pemblokiran kendaraan
3. Mengintegrasikan pelaksanaan tugas antar fungsi dan satuan kerja di kepolisian
4. Memperkuat peran dan fungsi Regident ranmor disfungsi lalu lintas sebagai antisipasi tindak kejahatan kendaraan bermotor
5. Bentuk perlindungan kepolisian terhadap hak milik kendaraan bermotor yang dimiliki oleh masyarakat.

Mekanisme Pemblokiran

Adapun tatacara pemblokiran sebagai berikut:
1. Pihak yang berkepentingan mengajukan permintaan pemblokiran secara tertulis dilampirkan pula alasannya kepada dirlantas
2. Petugas blokir pada masing-masing unit pelaksana Regident mencocokkan surat permohonan dengan pangkalan data komputer dan buku register
3. Petugas blokir pada masing-masing unit melakukan pemblokiran di pangkalan data komputer dan buku register dan memberikan catatan-catatan DIBLOKIR serta mencantumkan alasan permohonan, nomor dan tanggal surat atas dasar dirlantas
4. Petugas blokir mengeluarkan surat keterangan yang ditandatangani pejabat dan diberikan kepada peminta atau pelapor
5. Petugas menggabungkan surat permohonan dengan surat keterangan blokir dan diarsipkan pada tempat khusus arsip blokir.



You Might Also Like

0 comments: