perjalanan,

Mengenal Spirit Dompet Dhuafa

2/15/2018 05:51:00 pm Miss Mini 0 Comments


Dompet Dhuafa Yogya

Jika cerita adalah salah satu cara untuk mengingat sebuah moment, maka kali ini izinkan saya bercerita. (Mini GK)

Ini kali pertama saya mendapat undangan dari Dompet Dhuafa. Telah lama saya mendengar nama Dompet Dhuafa, bahkan salah satu kenalan saya bekerja di sini.

Acara 22 Januari kemarin membekas dalam benak saya. Lokal Resto menjadi saksi untuk pertama kalinya saya jumpa dengan orang-orang di balik Dompet Dhuafa Yogyakarta.

Okey, sebelum hari itu yang saya tahu tentang Dompet Dhuafa adalah tempat (organisasi) yang punya tugas menerima dan mengelola infak dan zakat dari masyarakat. Mohon maaf untuk pengetahuan saya yang hanya sebatas itu. Bahkan tak ada seujung kuku.

Barulah setelah mendengarkan pemaparan dari pihak Dompet Dhuafa, pemahaman saya sedikit, sekali lagi sedikit, lebih maju dibanding sebelumnya.

Dompet Dhuafa berdiri tidak hanya di Yogyakarta tapi juga tersebar hampir di berbagai wilayah Indonesia.

Khusus di Yogyakarta, Dompet Dhuafa terlahir atas dasar rasa ingin membantu korban bencana. Dompet dhuafa DIY lahir tahun 2006. Kita ingat tahun itu DIY dilanda duka gempa bumi. Karena tergerak untuk membantu para korban bencana, maka dibentuklah Dompet Dhuafa Yogyakarta.


Spirit Dompet Dhuafa


Selanjutnya, dompet dhuafa tidak hanya berhenti sebagai teman para korban bencana. Lebih luas ia menggandeng menggandeng masyarakat untuk mengembangkan usaha. 
Dalam menjalankan kegiatannya, Dompet Dhuafa melibatkan banyak lapisan masyarakat dengan prinsip kesetaraan. Lembaga atau komunitas mulai dari yang kecil hingga raksasa diperbolehkan ikut aktif dalam segala kegiatan.

Secara periodik Dompet Dhuafa juga membuka peluang saling tukar pengetahuan dengan prinsip sharing demi meningkatkan kapasitas bersama.

Dompet dhuafa tidak berhenti sebagai organisasi 'pengumpul' zakat, melainkan juga membuka diri sebagai mitra pendamping bagi usaha masyarakat.
Mereka yang punya usaha mandiri atau sedang merintis usaha rumahan dan terkendala berbagai hal bisa mengontak dan bekerjasama dengan dompet dhuafa.

Sampai hari ini telah banyak usaha mandiri yang terlahir dari binaan Dompet Dhuafa.
Semoga ke depan usaha-usaha kecil menengah ini bisa menjadi bisnis raksasa yang menguntungkan banyak masyakarat.

Saya lantas berfikir, usaha apa yang sekiranya bisa saya jalankan? Siapa tahu dompet dhuafa berkenan menjadi mitra dan teman di segala suasana.



Berkunjung ke sentral Batik

Terima kasih saya ucapkan kepada Dompet Dhuafa yang telah mengajak #piknikpintar (istilah yang saya gunakan) ke sentral pengerajin batik.

Jujur sudah beberapa kali saya mengikuti tour atau piknik ke pengerajin batik. Namun untuk datang ke Berkah Lestari, ini baru pertama kalinya. 


Berkah Lestari yang beralamatkan di Giriloyo, Wukirsari Imogiri ini adalah sentral pengerajin batik yang merupakan dampingan dari Dompet Dhuafa Yogyakarta. 

Batik dan segala proses yang membersamainya selalu menarik rasa keingintahuan saya. Bagi saya, batik bukan hanya sekedar warisan budaya yang begitu mahal dan Adi luhung, lebih dari itu Batik adalah sebuah bentuk nyata sebuah perasaan. Di sana ada rasa, perjuangan, seni dan sejarah.

You Might Also Like

0 comments: