Piknik di Bulan Puasa? Oke Banget

6/04/2017 02:48:00 pm Miss Mini 1 Comments



Piknik di Bulan Puasa, Kenapa Tidak?

Jalan-jalan akan membuat kita mengerti bahwa dunia ini tercipta tidak hanya berisikan masalah dan masalah. Dunia ini luas. Dunia ini punya sisi-sisi lain yang selalu mengejutkan. Hanya orang-orang yang tidak pernah jalan-jalan yang terus-terusan berpikir dan mengutuk dunia ini kejam.

Saya suka piknik. Suka banget apalagi gratisan.

Piknik bagi saya tidak melulu mewah ke tempat wisata hits atau ke luar kota. Jalan-jalan blusukan ke pasar bagi saya sudah bagian dari piknik. Di mana dan ke mana, jalan-jalan selalu membuat semangat. Belum ada ceritanya saya pusing karena sebuah perjalanan. Itu semua karena sudah terencana atau sudah jadi kebiasaan.

Selama puasa ini saya sudah jalan-jalan ke beberapa tempat (di Jogja saja sih) dan asyik-asyik saja. Jalan-jalan enggak lantas membuat saya  pusing lelah dan pingin segera buka.
Ini ada beberapa tips jika saya ingin jalan-jalan

Pilih koper atau ransel?
Ini penting banget lho. Perkirakan mau jalan-jalan kemana saja dan berapa hari. Hal ini biar memudahkan untuk packing. Kalau jalan-jalan ke tempat deket dan cuma sebentar ya enggak usahlah repot bawa koper. Nanti malah kelelahan nyeret-nyeret koper, kan bahaya kalau sampai batal puasa.
Saran dari saya kalau beli koper harus yang kuat banting, misal koper polo. Begitu pun ransel. Usahakan juga ransel banyak kantongnya. Coba buka sini untuk tahu koleksi koper dan ransel yang asyik ditenteng selama jalan-jalan.


Make-up dan Baju
Penting enggak sih bawa-bawa peralatan make-up dan baju setumpuk? Penting kalau bagi saya, ya meski enggak harus setumpuk baju di lemari dibawa semua.
Make-up dan baju itu penting buat menjaga penampilan selama jalan-jalan. Kan biasanya kalau jalan-jalan wajib itu ada sesi poto-potoan lalu di upload di sosial media. Kalau enggak bawa peralatan make-up gimana dong? Enggak mau kan kelihatan kusam atau pucat seperti kurang gizi. Nah maka dari itu make-up penting. Enggak harus banyak juga, paling enggak cukup lipstick, bedak dan parfum. Tiga ini bagi saya cukup. Lipstick purbasari, bedak venus dan parfum.

Untuk baju, juga jangan sembarangan baju. Sesuaikan dengan musim. Kebetulan Ramadan ini masih musim panas meski sesekali turun hujan, bagusnya bawa baju ganti yang tipis saja dan mudah digulung (enggak perlu setrika tetep rapi).
Untuk menambah refrensi koleksi make-up dan baju-baju kece bisa kepoin akun kece.

Cemilan dan air minum
Hei sedang puasa masak iya jalan-jalan bawa cemilan dan minum?

Kalau bagi saya ini penting. Soalnya enggak bisa memprediksi sampai jam berapa asyik jalan-jalan. 

Gimana kalau tiba-tiba udah beduk magrib sementara masih di jalan dan itu jalan jauh dari peradaban (ya siapa tahu lagi jalan-jalan ke puncak) maka cemilan dan minuman bisa jadi teman membatalkan puasa. Cukup membatalkan puasa saja jadi enggak perlu bawa banyak makanan. Ya misal beberapa biji kurma masukin ke dalam box kecil yang imut-imut, selain ringkas juga ringan. Air minum juga enggak perlu bawa galon, masukin aja ke botol minuman kecil. Coba lihat di halaman ini untuk tahu koleksi box makan dan botol minum praktis.

Payung dan kantong (bag)
Karena puasa kali ini sering tiba-tiba datang hujan, maka menyiapkan payung itu sangat penting. Bawa aja payung lipat  kecil dan ringan. Beli di shopee banyak banget contoh dan kisaran harga.

Untuk kantong lipat ini penting banget. Mau jalan ke mana pun wajib bawa barang satu ini. Cukup dilipat selipin ke dalam tas. Enggak perlu repot namun akan sangat berguna untuk pengganti kantong kresek. Ya mulailah untuk tidak ketergantungan dengan kantong kresek. Beralih ke kantong kain yang kuat. Di shopee ada kok macem-macem bahan dan bentuk.


Oleh-oleh buah tangan
Sering ya teman-teman itu nimbrung buat minta dibawain oleh-oleh saat kita sedang jalan-jalan, padahal mereka bahkan sama sekali enggak ngongkosi atau kasih uang jajan. Ya tapi karena kitanya baik, bolehlah dibawain oleh-oleh.

Oleh-oleh apa mesti harus yang berbau khas daerah tempat kita melancong? Saya kira enggak harus deh. Jadi bisa nih disiasati saja dibelikan pernak-pernik lucu atau mungkin kain-kain yang bisa dibeli di satu tempat keren ini. Yang pentingkan ikhlas ngasihnya.

Sudah sih ini dulu. Untuk penginapan dan lain-lain nanti akan saya bagikan lagi tipsnya. Sementara yang ringan ini dulu. Selamat menjalankan ibadah puasa dan jangan lupa piknik biar bahagia. (min)

You Might Also Like

1 comment:

  1. Apalagi lemari pakaiannya ya, Mini. Nggak perlu banget buat dibawa piknik :D

    Btw, selama ya...dapat THR dari Shopee :)

    ReplyDelete